Pages

Senin, 27 Mei 2013

Pengertian dan macam-macam Topologi jaringan komputer serta kelebihan dan kekurangannya


  • Topologi Jaringan Komputer
    Jika kita berbicara tentang teknologi jaringan komputer maka tidak bisa dilepaskan dengan topologi jaringan komputer.Jaringan komputer sendiri merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah protokol komunikasi melalui sebuah media komunikasi.






Sedangkan topologi jaringan komputer merupakan sebuah pola hubungan antar terminal dalam suatu sistem jaringan komputer, atau juga merupakan bentuk / pola / model perancangan suatu komputer dengan komputer lainnya sehingga terbentuk suatu sistem jaringan komputer.


Keberadaan topologi jaringan komputer sangat dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan komputer. Oleh karena itu pada kesempatan posting kali ini saya akan sharing tentang macam-macam dari topologi jaringan komputer yang biasanya digunakan, setelah pada kesempatan yang lalu saya sharing sebuah artikel tentang seribu pernak-pernik ponsel android.


  • Macam - Macam Topologi Jaringan Komputer
    1. Topologi Bus



Topologi jaringan komputer yang biasanya digunakan pada waktu dulu adalah topologi bus.Pada topologi bus ini semua komputer di hubungkan menggunakan satu jalur komunikasi (kabel BNC) di mana pada kedua ujung jalur yang digunakan ditutup dengan sebuah terminator.Terminator merupakan sebuah perangkat yang menyediakan ketahanan listrik untuk menyerap sinyal-sinyal transmisi pada akhir sambungan.



Kelebihan dan kekurangan Topologi BUS :

Kelebihan :
·   Biaya murah, karena media transmisi berupa akbel tidak dibutuhkan terlalu banyak.
·   Setiap komputer bisa terhubung secara langsung.
·  Tidak membutuhkan peralatan aktif lainnya pada setiap komputer untuk terhubung ke media transmisi.
Kekurangan :
·   Teknologi lama dan sudah ditinggalkan.
·   Deteksi kerusakan yang sulit.
·  Jika kabel pada satu komputer ada yang putus maka komputer yang lain juga akan mengalami gangguan.


    2.  Topologi Ring

Hampir sama dengan topologi bus, topologi jaringan komputer dengan menggunakan topologi ring menggunakan satu media transmisi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Perbedaannya pada topologi ring kedua terminal yang berada di ujung media transmisi saling dihubungkan sehingga menyerupai sebuah lingkaran berbentuk cincin.



Kelebihan dan kekurangan Topologi RING :

 Kelebihan :
·  Hemat kabel sebagai media transmisinya.
·  Tidak akan terjadi peristiwa tabrakan data (collision) karena hanya satu titik saja yang aktif saat proses transfer data berlangsung.

Kekurangan :
·   Sulit mendeteksi adanya gangguan.
·  Jika kabel pada satu komputer ada yang putus maka komputer yang lain juga akan mengalami gangguan.
·   Pengembangan jaringan tidak bersifat fleksibel (kaku).



3. Topologi Star/Bintang
  
   Topologi jaringan komputer dengan menggunakan topologi star menggunakan sebuah terminal pusat yang biasanya disebut sebagai hub atau switch. Hub atau switch berfungsi untuk mengatur semua kegiatan komunikasi data antar komputer yang saling terhubung. Pada saat ini topologi jaringan komputer ini sering digunakan untuk sistem jaringan komputer warnet dan perkantoran.




Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan STAR :

Kelebihan :
·  Hub/switch bertindak sebagai konsentrator.
·  Transfer data antar komputer bisa dilakukan secara bersamaan.
·  Bersifat fleksibel, mudah dilakukan penambahan komputer baru.
·  Kemudahan deteksi gangguan.
· Jika kabel pada satu komputer ada yang mengalami gangguan, komputer yang lain masih bisa bekerja dan digunakan.
Kekurangan :
· Boros kabel, karena kabel ditarik dari masing-masing komputer ke hub/switch.
·  Jika Hub/Switch rusak maka seluruh komputer tidak dapat terhubung satu sama lain.


4. Topologi Mesh (jala)

   topologi mesh adalah topologi jaringan dimana semua perangkatnya terhubung satu sama lain, ada 2 tipe yang dikenal dalam topologi jenis ini yaitu full connected dan partial connected. pada tipe full connected semua perangkat/node dalam sebuah jaringan saling terhubung satu sama lain. sedangkan pada partial connected hanya beberapa berangkat saja yang saling berhubungan. untuk lebih jelasnya lihat skema dibawah ini:



   dalam topologi jenis ini masing-masing node tidak hanya berfungsi sebagai penerima data bagi dirinya sendiri tapi juga sebagai penyedia data bagi perangkat/node yang lain.
    topologi jaringan jenis ini dapat di rancang menggunakan teknik flooding atau bisa juga dengan teknik routing. ketika menggunakan teknik routing sinyal data menyebar diseluruh jalur jaringan, “melompat” dari satu node ke node yang lain hingga menemukan perangkat yang dituju. untuk memastikan seluruh jalur jaringan bisa diakses.

 Kelebihan dan kekurangan Topologi MESH :

kelebihan :
 - konfigurasi jaringan menggunakan sistem point to point sehingga proses pendeteksian dan pengisolasian kesalahan pada jaringan dapat dilakukan dengan mudah.
-  privasi dan kemanan sangat terjaga karena data di hantarkan melalui jalur dedicated.
- jika terdapat ganguan diantara 2 jalur maka hanya jalur yang bersangkutan yang akan terkena imbasnya. sedangkan jaringan secara keseluruhan tidak terpengaruh.
Kekurangan:
- biaya mahal karena banyak kabel yang dibutuhkan
- instalasi lebih rumit dan ruang yang dibutuhkan lebih besar




 5. Topologi Tree (pohon)
   topologi tree adalah gabungan dari topologi BUS dengan topologi Star. node-node yang berada pada jaringan tidak berada dalam satu level melainkan bertingkat (hierarki) maka dari itu jenis topologi ini dikenal juga dengan sebutan hierarchical topology.

node atau perangkat yang berada dalam level utama (hierarki utama) terhubung secara point to point dengan node atau perangkat yang berada dalam level sekunder (level dibawahnya). node sekunder, selain terhubung dengan node utama juga terhubung dengan node dengan level yang dibawahnya (menggunakan koneksi point to point).
dalam topologi tree , node atau perangkat utama yang berada pada level paling atas hanyalah satu-satunya level dimana tidak ada level lagi diatasnya. untuk itulah makanya level ini disebut juga dengan level root central

Kelebihan dan kekurangan Topologi TREE :

Kelebihan :
- scalable , level-level dibawah level utama dapat menambahkan node baru dengan mudah
- koneksi terjadi secara point to point
- manajemen mudah karena mudah melakukan identifikasi dan isolasi kesalahan dalam jaringan.
kekurangan :
- pada area yang luas sulit untuk melakukan perawatan jaringan.
- karena topologi ini adalah varian dari topologi BUS maka jika kabel backbone (kabel utama penyedia arus data) rusak maka seluruh jaringan akan down)




       6. Topologi Hybrid


   dari namanya saja kita bisa menebak jenis topologi apakah ini..? topologi hybrid adalah sebutan untuk topologi yang menggunakan kombinasi dari jenis-jenis topologi yang ada sehingga bentuknya sudah tidak bisa didefinisikan lagi kedalam tipe topologi standar. sebagai contoh : topologi tree (pohon) jika di kombinasikan dengan topologi tree juga maka hasil kombinasi tersebut masih bisa disebut sebagai topologi tree. sebuah topologi jaringan bisa disebut sebagai topology hybrid jika mengkombinasikan 2 atau lebih tipe topologi standar yang berbeda seperti menggabungkan antara topologi star dan BUS.




Sekian sharing pengetahuan dari saya tentang Topologi jaringan, mohon apabila ada kesalahan dan kekurangannya dalam postingan ini saya harapkan anda mengkomentarinya.. Terima kasih telah mengunjungi :)




0 komentar:

Poskan Komentar